Wednesday, January 25, 2017

Panduan mendaftarkan blog digoogle webmaster tool secara detail

  Dahulu kala kita mengenal google search console dengan nama google webmater tool (GWT) SEBELUM GOOOLE memutuskan merubah namanya , hanya berubah nama, tetapi pelayanan masih tetap sama, gratis dan luar biasa .

Jika anda belum familier dengan google search console mari kita melihat ulang, (gwt) atau nama barunya google search console, merupakan layanan gratis dari google yang diperuntukkan buat para webmaster (pengelola web atau blog )yang akan memudahkan kita untuk mempelajari website atau blog kita secara detail dan menyeluruh, dengan google search cnsole kita bisa mempelajari trafik kunjungan ,menemukan error pada website atau blog ,dan cara memperbaikinya , submit sitmap, status index , internal link, external link , memeriksa struktur data website, robot txt,isu keamanan, dan masih banyak lagi.

http://blogampel.blogspot.com/

VERIFIKASI SITUS ANDA WEB DIGOOGLE SEARCH CONSOLE


Anda sudah mempublis situs atau blog anda, namun sudah beranjak hamper satu bulan sampai hamper dua bulan ,situs web tersebut belum juga terindex oleh google.

Apakah ada yang salah dengan website tersebut, ya, itulah jawabannya, situs tersebut belum terdaftar dalam mesin pencari ,salah satu keuntungan lain dengan mendaftar website ke GWT adalah; website atau blog akan lebih cepat terindex ,terutama postingan atau halaman baru yang dibuat.



Sebelum bisa menikmati semua layanan dari google search console, terlebih dahulu ,kepemilikan situs web tersebut harus diverifikasi oleh google.


berikut ini adalah langkah langkah memverifikasi blog;


  1. Pertama seperti biasanya masuk keakun blogger
  2. lalu pilih blog mana yang harus diftarkan
  3. kemudian untuk memulai langkah awal anda masuk pada link berikut; GOOGLE WEBMASTER TOOL
  4. Langkah berikutnya anda akan di arahkan pada menu seperti pada gambar berikut;


http://blogampel.blogspot.com/



http://blogampel.blogspot.com/

Setelah anda masukan url blog yang dipilih pada kolom seperti gambar diatas kemudian klik add

Selanjutnya akan dibawa pada tampilan berikut ;

http://blogampel.blogspot.com/


Setelah memasuki tahap seperti gambar diatas maka proses pendaftaran hampir selesai,pada gambar diatas saya sarankan pilih tag HTML , setelan dpilih pada tag HTML maka akan muncul script kode ,silahkan anda copy script tersebut.

Langkah terkhir adalah cara memsang script kode pada blog

Silahkan masuk pada akun blogger masing masing lalu masuk dashboard >>pilih template >> EDIT HTML,

Setelah HTML terbuka lakukan pencarian kode </head>   untuk mempercepat pencarian gunakn tombol keyboard CTRL + F ,setelah anda temukan kode tersebut  ( </head>    )
Silahkan taruh script kode webmaster tool tadi tepat diatas kode </head>   lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini;

http://blogampel.blogspot.com/


Setelah itu klik simpan template
sekarang kembali lagi diwebmaster tool untuk klik verifikasi kalau anda berhasil maka akan ada keterangan sukses seperti gambar berikut;

http://blogampel.blogspot.com/

Demikian panduaan mendaftarkan blog digoogle webmaster tool, mudah mudahan panduan ini bisa bermanfaat, sekian terimakasi atas kunjungannya.

No comments:
Write comments