Wednesday, January 25, 2017

5 panduan penting bagi pemula ( teknik dasar membangun backlink yang mudah difahami )

  5 panduan dasar teknk membangun backlink untuk pemula ; backling sampai saat ini adalah salah satu teknik optimasi seo offpage yang memiliki dampak yang cukup kuat yang dapat menentukan popularitas sebuah website atau situs, sehngga banyak cara ilakukan oleh pemilik blog agar blognya bisa memiliki baclinkk sehingga blognya bisa lebih mudah ditemukan dihasil pencarian dihalaman satu google di posisi teratas.

Sebelum menguraikan mengenai petunjuk dasar cara membangun baccklink bagi pemula , langkah pertama yang harus anda pahami adalah tentang backlink itu sendiri apakah sebenarnya backlink itu? Untuk anda yang sudah memiliakai banyak pengalaman didunia blog dan seo, itilah backlink tentu bukanlah hal yang asing, namun untuk blogger pemula yang baru memiliki blog dan memiliki keinginan mengembangkan sebuah blog, istilah backlink boleh jadi adalah istilah yang petama kali baru didengar dan difahami.

http://blogampel.blogspot.com/


1. APAKAH BACKLINK ITU?


Agar anda leih mudah memahami tentang backlink ,maka saya akan jelaskan sedikit tentang backlink dengan bahasa sederhana, backlink adalah sebuah link atau hyperlink ,pada umumnya biasanya berupa tulisan berwarna biru bergaris bawah yang bisa diklik, atau juga bisa berupa gambar yang bisa diklik tetapi letaknya berada disitus orang lain ,apabila link tersebut diklik maka anda akan dibawa menuju halaman situs atau blog berbeda, karena link tersebut letaknya disitus orang lain namun menuju halaman blog yang kita miliki maka link tersebut disebut backlink.



Mungkin anda bertanya bagaimana link yang menuju kesitus kita bisa berada atau diletakkan disitus orang lain, siapa yang meletakkan disitu? Jawab ; yang meletakkan link tersebut bisa saja sipemiik situs yang bersangkutan karena menganggap artikel blog anda bermanfaat dan pantas untuk dijadikan rujukan link seperti bisa disebut sebagi link natural, atau anda sendiri yang membangunnya dengan cara cara tertentu sehingga link tersebut bisa berada disitus orang lain atau disitus lainnya yang berbeda.

Tapi faktanya kbanyakan backlink dibangun oleh kita sendiri yang menginginkan backlink untuk blog kita, ini dikarenakan blog harus menunggu backlink natural akan sangat sulit dan sangat akan lama sekali didapat sehingga blog akan sulit sekali untuk berkembang, cara terbaik adalah dengan membangun backlink tersebut dan dibuat seolah olah natural sehingga lebih mempercepat popularitas sebuah situs dimata mesin pencari.


2. KENAPA SITUS DIHARUSKAN MEMILIKI BACKLINK ?


Banyak blogger yang terobsesi untuk memiliki banyak backlink yang menuju kehalaman blognya miliknya bukanlah tanpa alasan , biasanya alas an utamanya adalah agar blog atau situs miliknya bisa tampil diposisi yang terbaik dihasil pencarian mesin pencari terutama google, karena kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini peranan backlik masih cukup kuat sebagai salah satu dari 300+ google ranking factor, yang mampu memberi dampak pada blog sehingga blog lebih mudah ditemukan dihasil pencarian diposisi terbaik.

Meskipun banyak cara yang bisa dilakukan untuk membbangun backlink ,tap tetap saja backlink yang memilki pengaruh luar biasa pada popularitas halaman situs adalah backlink berkualitas, yaitu backlink yang letaknya berapda didalam artikel yang relevan dan blog tempat tertanamnya backlink memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari.

Backlink akan memilki pengaruh luar biasa pada halaman artikel blog yang miliki jika artikel yang disajikan berkualitas dan teroptimasi dengan baik , baik optimasi seo onpage maupun seo offpage.

3. DIARAHKAN KEMANA SEHARUSNYA BACKLINK ITU?


Sebuah backlink pasti memiliki alamat url tujuan, jika backlink tersebut diklik maka akan menuju halaman url yang dittujunya, kita ketahui bahwa didalam sebuah blog setidaknya ada dua halaman yang bisa dirujuk oleh sebuah backlink yaitu halaman homepage atau halaman utam blog, misalnya “ http://blogampel.blogsppot.com/” dan contoh halaman artikel misalnya “http://blogampel.blogspot.co.id/2017/01/5-panduan-pentig-bagi-pemula-teknik.html” dari kedua halaman tersebut diarahkan kemana backlink seharusnya?



Backlink bisa diarahkan kedua halaman tersebut, jika yang ingin dipopularkan adalah halaman homepage maka backlink yang dipasang harus menuju kehalaman homepage blog, namun jika yang ingin dipromosikan adalah artikel postingan blog, maka backlink harus diarahkan keartikel ppostingan log.

Tapi berdasarkan testimony para pakar seo ,sebaiknya diawall awal membangun backlink untuk blog anda,lebih baik backlink diarahkan ke homepage blog, jika artikel dirasa sudah cukup banyak dan usia bblog dirasa sudah bertambah dan blog sudah mulai dikenali oleh mesiin pencari , maka backlink sudah bisa diarahkan ke homepage dan juga artikel postingan blog yang ingin dipomosikan.

Tapi sebaiknya jika backlink yang ingin diarahkan kesebuah artikel postingan, pilih artikel postingan yang sudah cukup bberusia ( ada yang menyarankan artikel blog sudah berusia minimal satu bulan) agar backlink dianggap natural dan banyak yang menyarankan ketika backlink dibangun bikin minimal dua backlink ,satu diarahkan kehomepage dan yang kedua diarahkan ke artikel postingan blog yang ingin dioptimasi.

4. PANDUAN DASAR TEKNIK MEMBANGUN BACKLINK UNTUK PEMULA


Setelah anda memahami apa itu backlink selanjutnya saya akan uraikan bagaimana cara untuk membangun teknik backlink, sehingga backlink tersebut bisa bberada disitus orangg lain atau situs berbbeda berikut adalah beberapa teknik membangun backlink yang harus anda ketahui khususnya pemula;

*MELALUI BLOG WALKING

Blacklink bbisa dibangun melalui aktifitas blog walking, yaitu aktifitas bberkunjung keblog orang lain , lalu berkomentar degan komentar yang relean sambil meletakkan link dkomentarr blog yang dikunjungi tersebut, cara ini adalah cara yang paling mudah dan dulu sempat popular dan bisa anda coba.

Yang harus anda lakukan jika memilih cara ini adalah carilah blog yang membahas artikel yang relevan dengan blog anda, namun ssebaiknya janngan terlalu berllebihan membangun backlink dengan cara ini, artinya dalam waktu yang singkat anda membangun backlink dalam jumlah yang banyak, karena bisa menyebabkan anda terdeteksi melakukan tindakan webspam, jika anda memilih cara ini pastikan bahwa yang anda masukkan adalah sebuah link aktif yang bisa diklik dan bukan link pasif.

*MELALUI THREAD DIFORUM FORUM TERKENAL

Yang kedua yang bisa anda coba untuk meletakkan backlink yang cukup mudah adalah meletakkan backlink diartikel yang kita terbitkan diforum forum terkenal, beberapa forum biasanya mengizinkan memberya untuk meletakkan beberapa link diartikel yang kita buat yang diposting, diforum tersebut, kesempatan ini tentu bisa dimanfaatkan untuk membuat backlink yang menuju kehalaman blog kita yang sedang dioptimasi.

Yang harus anda perhatikan ketika sudah meletakkan backlink diforum tersebut melalui thread atau artikel yang kita buat ,upayakan agar halaman tempat tertanamnya backlink kita pelihara jua, artinya halaman tersebut dikasih backlink diforumforum yang lainnya, agar halaman tersebut teroptimasi secara offpage dan memiki dampak lebih baik.

Dibawah ini adalah beberapa forum yang terkenal dan mengizinkan kita untu menaruh backlink ;

Bersosial.com

Kaskus.com

Kwiku.com

Kompas.com

Dll

Silahkan anda buat akun diforum tersebut, ikuti aturan forum dan manfaatkan untuk meletakkan backlink ke blog anda

*MELALUI QUEST BLOG

Guest blogging secara sederhana adalah membuat artikel kemudian menerbitkannya diblog orang lain dan diartikel tersebut kita sisipin link kehalaman blog kita ,tentu saja sebelumnya sudah melakukan komunikasi dengan pemilik blog ttersebut,

Untuk melakukan guest blogging anda memang harus menjalin komunikasi terlebih dahulu dengan sipemilik blog dengan mengutarakan maksud anda, karena tidak semua pemilik blog menerima guest blogging, jika anda menemukan pemilik blog membuka guest blogging dan sebagai syaratnya anda bisa meletakkan backlink diartikel yang anda buat maka kesempatan ini bisa anda manfaatkan dengan baik untuk membangun backlink.

*MELALUI PRIVATE BLOG NETWORK

Apakah itu private blog network ? PBN (prvate blog network) adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari expired domain yang memiki criteria tertentu untuk keperluan backlinking dan seo, jadi anda sengaja menyajikan banyak blog , memeliharanya dengan baik , dibuat sendiri maupun dibeli dari orang lain dan blog blog tersebut anda gunakan untuk membangun backling ke halaman blog utama anda.

Cara ini memang dilarang dan jika ketahuan google semua blog termasuk blog utama bisa mendapat penalty, namun dengan teknik yang cantik private blog network sangat luar biasa efeknya, dan pakar seo menyebut na ini adalah teknik yang tidak akan using selama backlink dianggap sebagai factor penentu popularitas situs dihasil pencarian.

5. BEKERJASAMA DENGAN BLLOG LAIN UNTUK BERTUKAR LINK (LINK EXCHANGE)


Cara berikutnya adalah bekerjasama dengan blogger lain yang memiliki niche blog yang relevan dengan blog anda, tuga anda adalah harus menemukan blog yang relevan , berkomunikasi dengan sipemilik blog untuk saling bertukar link, link yang menuju kesitus anda diletakkan diartikel blog tersebut, dan artikel yang menuju blog tersebut diletakkan disalah satu artikel anda , cara ini merupakan kerjasama mutualisme karena anda akan sama sama diuntungkan.

Tapi sayangnya beberapa pakar seo menyebut bahwa pertukaran backlink satu arah tidak sesuai dengan kebijakan google, jadi jika anda ingin melakukan cara ini, pastikan bahwa link yang dibangun bukan satu arah saja, seperti misalynya [ link a ke b , link b ke a ]dimanaa link a adalah blog milik anda dan b adalah blog milik orang lain agar terhindar dari penalty google.

APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN SETELAH MEMBANGUN BACKLINK

Backlink yang baru anda tanam baru bisa memberi dampak pada blog anda jika backlink tersebut sudah diclaim google, anda sudah bisa melihatnya di menu link to your site dihalaman akun google webmaster milik anda.

Agar halaman halaman tempat backlink ditanam memiliki pengaruh yang kuat terhadap blog anda, maka selain anda meletakkan backlink dihalaman tersebut, langkah selanjutnya yang arus anda lakukan adalah mengoptimasi halaman tersebut dengan memberi backlink untuk halaman halaman dimana anda meletakan backlink tersebut.

Misalnya anda menanam backlink disalah satu thread disebuah forum, agar backlink dari forum artikel tersebut memberikan dampak yang kuat untuk blog anda, maka anda harus ada imbal balik untuk artikel diforum tersebut.

Memang mebangun backlink tersebut tidak mudah perlu kerja keras ,namun usaha anda pada akhirnya akan mebuahkan hasiil apalagi baclink yang dibangun adalah backlink yng berkuaitas, didallam artikel relevan yang dimiliki sebuah blog yang memilki reputasi yang baik dimata mesin pencari jika backlink berhasil diklAim oleh google, article blog anda akan lebih mudah ditemukan diposisi terbaik.



Sekian informasi tentang seo onpage dan offpage serta backlink, selamat menerapkan dan semoga bermanfaat,dari saya terimakasi atas kunjungannya.

No comments:
Write comments