Sunday, January 31, 2016

Mengganti template yang benar dan tidak berdampak menurunya visitor

  Mengganti templat website lama dengan templat baru , adalah salah satu pilihan ,ada banyak alasan kenapa templat lama harus diganti dengan templat yang baru,bisa jadi karena tampilan templat yang lama sudah dianggap kurang menarik lagi ( kayak istri tua ) sedangkan templat baru dianggap masih hot ( istri muda ),bagus strukturnya dan lebih seo friendly dari pada templat tua atau ada upaya ingin menaikkan visitor.

Templat adalah pondasi utama website anda ,oleh karena itu templat adalah salah satu yang harus benar benar diperhatikan , jika templat baik dan memiliki criteria seo ,maka templat akan lebih disukai oleh searc engine google, itu artinya akan member dampak positif pada website, sehingga website sobat akan mudah ditemukan oleh searc angine google dan itu artinya visitor akan semakin baik.

http://blogampel.blogspot.co.id/
 

Sebenarnya mengganti templat website itu sangat mudah sekali ,hanya dengan hitungan 1-2-3 saja templat sudah terganti,namun ada hal-hal yang perlu sobat perhatikan ketika ingin melakukan penggantian templat, agar tidak mempengaruhi performa website sobat, jika tidak maka peggantian templat bisa saja berdampak menurunkan visitor website anda.


Cara mengganti templat baru website yang tidak membuat visitor turun


1) Pilih templat website yang baik dan berkualitas

Ada banyak sekali templat yang bisa sobat download dan bisa sobat gunakan, baik templat free maupun templat berbayar namun sebelum sobat gunakan ,sebaiknya sobat pastikan bahwa templat yang sobat pilih adalah templat website yang terbaik dan berkualitas.



Beberapa criteria templat website yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut;



a) RINGAN

Templat ringan atau loadingnya cepat, ingat templat ringan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat halaman pada mesin pencari,karena loading speed sudah menjadi bagian dari google rangking factor semakin ringan loading templat maka itu semakin baik.



b) MOBILE FRIENDLY

Templat mobile friendly adalah templat yang sangat ringan ketika diakses menggunakan perangkat mobile ,dan tampilan akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang digunakan tanpa harus scroll kekiri dan kekanan, ini sangat diutamakan apalagi sekarang mobile friendly sudah menjadi google rangking factor yang akan mempengaruhi rangking website dihasil pencarian.



c) RESPONSIVE

Templat responsive adalah templat yang tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya, dan pengguna tidak harus scroll layar kekiri dan kekanan.



d) MEMILIKI STRUKTUR DATA YANG BAIK

Struktur data meskipun bukan factor seo akan membantu google menampilkan informasi website sobat secara lebih baik ketika ditemukan dihasil pencarian, struktur data secara tidak langsung memiliki korelasi dengan seo .



e) MEMILIKI UKURAN FILE YANG KECIL

Ukuran file yang kecil mewakili bahwa struktur kode templat baik dan dapat mempengaruhi kecepatan loading templat tersebut

Bagaimana saya bisa mengetahui kalau templat website saya sudah memenuhi kriketeria seperti diatas?


Ada tool khusus yang dapat sobat gunakan untuk mengukur kualitas templat sesuai criteria diatas.



2) Backup dulu templat lama sobat sebelum diganti dengan yang baru

Jangan lupa beckup dulu templat lama sobat sebelum diganti tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, setelah melakukan penggantian templat yang tidak bisa sobat control maka sobat bisa mengembalikan templat blog sobat yang tadi dibackup .





3) Pindah kode penting pada templat ke templat yang baru

Sebelummengganti templat sebaiknya anda pastikan bahwa kode kode penting yang digunakan ditemplat yang lama sudah dipindahkan ketemplat yang baru.



Kode kode penting website biasanya berupa meta yang letaknya ada diantara kode <head> dan </head> bisa dilihat pada kode html templat website sobat.



Meta tersebut menyimpan informasi penting website sobat yang dapat difahaami oleh robot mesin pencari google bot ,agar google bot tidak pusing dengan templat baru sobat sebaiknya kode kode meta tersebut dipindahkan ke templat yang baru sebelum diganti dan pastikan sama.



Beberapa kode penting templat website adalah sebagai berikut;




a. META TAG

Pastikan semua meta tag templat lama sama dengan meta tag templat baru.



b. KODE VERIFIKASI WEBMASTER TOOL, BING MASTER TOOL DAN JUGA ALEXA

Jangan lupa pindahkan kode verifikasi goole dan bing master tool jika pada templat sobat belum memilki kode diatas sebaiknya sobat daftar website sobat ke bing dan juga google webmaster, agar website lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

c. KODE OPENGRAPH DAN TWITTERCARD JIKA ADA.

Cara memindahkanya agar lebih mudah ,silahkan buka dashboard website editor html templat lama, kemudian buka templat wesite baru menggunakan notpad ++ ,silahkan bandingkan dan pindahkan kode kode penting dari templat website lama ke templat website baru lalu simpan.



4) Uji coba templat baru sobat

Sebelum templat baru digunakan, disarankan melakukan ujicoba templat baru sobat untuk memastikan bahwa templat sudah bekerja dengan baik, silahkan gunakan website ujicoba sobat untuk mencobanya.



5) Ganti templat pada saat jam jam tidur

Sudah seharusnya mengganti templat pada saat jam tidur , dikarenakan pada saat saat seperti ini sepi akan pengunjung, biasanya dini hari sekitar pukul 2 sampai 4 molor dikit, kenapa harus saat jam nya orang molor ,ini karenakan pada saat penggantian templat tidak sampai mengganggu kenyamanan pengunjung, dan biasanya google index sangat inten ketika pengunjung berbondong bondong mengunjungi website, saat sepi pengunjung google bot yang bertugas mengindex templat akan bekerja lebih lambat.



NB; intinya kalau sobat inginmengganti templat website harus dengan langkah-langkah yang benar ,supaya jangan sampai terjadi turunnya visitor hanya karena kesalahan dalam mengganti sebuah templat.



Oke sobat hanya itusaja informasi yang bisa saya sampaikan dalam penggantian templat website , terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments