Saturday, January 16, 2016

Kerjasama dalam berbisnis

  Banyak usaha yang dijalani oleh lebih dari satu orang, namun masih banyak juga yang masih belum beruntung, memang dalam sebuah usaha harus punya kemampuan atau pengalaman yang mumpuni, untuk itu jangan pernah merasa mengeluh kalau menemukan kesulitan atau kegagalan, hal seperti ini wajar buat yang masih tahap pembejaran, disarankan buat yang masih dalam belajar untuk lebih banyak membaca ,mencari info untuk belajar,berikut ini adalah nasihat dari mereka yang sudah sukses dalam berbisnis;

http://blogampel.blogspot.co.id/


1.TERBUKA DALAM MASALAH KEUANGAN
Uang seperti mata pisau yang bisa saling membunuh, jika bisnis diakukan oleh beberapa orang, selalu terbuka masalah keuangan, katakan jujur apa ada nya bagaimana kondisi keuangan yang dimiliki, satu sama lain harus mengetahui pengeluaran masing-masing selama hal tersebut digunakan untuk pengembangan bisnis, begitupun dengan pembagian hasil, yang ternyata bukan dibagi secara 5;5 , penasehat mengatakan; keuntungan bersih yang didapat tidak bisa dibagi dua, ia hanya mengambil 30% dari keuntungan bersih dan membagi dua dengan rekan agar biaya yang tersisa digunakan untuk pengembangan usaha.

2.BEKERJA PROFESIONAL
Meskipun dilakukan oleh dua orang,dimana mereka sama-sama memiliki hak penuh atas usahanya, maka keduanya jangan saling mencampuri kewajiban masing-masing. Begitu memutuskan berbisnis berdua ada baiknya di awal membicarakan bagaimana pembagian tugas, misalnya ,orang yang bertugas mengurus bagian produk di beri kuasa penuh dengan urusanya dan yang satu lagi jangan ikut campur, dengan catatan boleh ikut campur jika ada masalah,kurangi ego masing-masing untuk menghindari keributan.

3.MEMBERI KEPERCAYAAN
Mengurus bisnis yang tidak bisa dilihat secara langsung setiap waktu memang harus memiliki fondasi kepercayaan yang kokoh, saling terbuka dengan masalah apa pun , hal ini dilakukan juga oleh pembisnis sukses yang membangun bisnis coffee, untuk itu jika anda mengelola usaha dengan dua orang , maka berikanlah kepercayaan pada rekan bisnis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang ada dengan menghargai keputusan yang dipilih dapat diterima bersama.

4.BIJAK KETIKA TERJADI MASALAH
Banyak pembisnis ketika memulai usaha nya dan mengalami kendala pada akhir nya menyalahkan diri sendiri, padahal itu merupakan jalan yang dipilih sebelum nya, ketika sudah memutuskan untuk focus berbisnis dan meninggalkan pekerjaan sebelum nya, jalan seperti itulah yang ia tempuh dan harus dihadapi, ketika kendala terjadi sebaik nya, jangan sampai orang lain tahu bagaimana kondisi kita pada saat itu, begitu pun dengan perjalanan pembisnis sukses, ia tidak pernah menceritakan kendala usaha nya pada siapa pun, kecuali rekan bisnis nya.

5.HAK YANG DIPENUHKAN
Tidak hanya tak bisa memantau rekan bisnis nya, sang pembisnis sukses pun tak bisa melihat bagaimana cara kerja karyawan nya, seperti yang sudah dikatakan sebelum nya bahwa ketika terjadi kendala ada baik nya , tak menceritakan pada siapa pun termasuk karyawan, karyawan tidak akan berfikir sebuah masalah selama hak mereka terpenuhi, jika hak tidak berjalan sebagaimana mesti nya, tanpa diceritakan mereka akan tahu jika bisnis terjadi masalah, karena ketika mereka tahu ada masalah secara mental mereka akan terganggu dan berefek pada hasil kerja, kita tidak mendapat keuntungan tidak apa-apa, tapi hak keringat orang-orang jangan sampai menjadi kendala.


6.BUAT KARYAWAN BANGGA
Menjaga komunikasi dengan karyawan banyak, cara nya;salah satu nya adalah menceritakan bagaimana produk yang mereka buat sampai dimasyarakat,secara logis, seseorang akan lebih semangat bekerja jika produk nya dikonsumsi oleh orang-orang besar.

No comments:
Write comments